5 Alasan Pentingnya Kamu Perlu Me Time di Hari Libur

5 Alasan Pentingnya Kamu Perlu Me Time di Hari Libur


Tya Widianingsih | 28 Apr 2021 | 416

Coba lihat kalender cetak di atas mejamu? Apa kamu sudah menyusun rencana liburan?

Menjelang lebaran biasanya ada cuti bersama dan sering dimanfaatkan untuk cuti panjang. Meskipun tidak semua kantor memberlakukan libur panjang untuk hari raya idul fitri. Namun jika kantor tempat kamu bekerja memberlakukannya, maka patut disyukuri. Lalu, kira-kira apa rencana terbaik memanfaatkan waktu liburan? 

 

Pertimbangkan untuk Me Time

Menyediakan dan menyiapkan waktu untuk diri sendiri atau yang biasa disebut ‘me time’ sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Di tengah hiruk-pikuk pekerjaan (baik pekerjaan kantor atau rumah), kamu perlu mengendalikan kesehatan dan kebahagiaan diri kamu sendiri. Dengan dilaksanakannya ‘me time’ mampu menurunkan stres, meningkatkan produktivitas, dan mengembalikan lebih banyak energi.

 

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa terlalu memikirkan diri sendiri, apalagi dengan melakukan ‘me time’ adalah pemikiran yang egois. Tapi coba, deh, dipertimbangkan lagi, melihat manfaat dari kamu melakukan ‘me time’. Ada masanya kamu perlu melakukan hal-hal yang memberi energi positif pada mental, emosional, dan spiritual. ‘Me time’ membawa kamu pada kesabaran yang lebih besar dan sikap yang lebih positif terhadap hubungan kamu dengan orangtua, pasangan, anak, bahkan lingkungan tempat kerja. Untuk itu, disarankan untuk mengagendakan waktu me time mu di kalender meja.

 

Baca Juga : Galau Ga Bisa Mudik? Ini Aktivitas Penggantinya

 

Alasan Penting Kamu Perlu Me Time 

 

1. Memfokuskan Pikiran 

Saat sibuk bekerja di kantor, dijamin satu kepala akan memikirkan banyak hal. Maka di momen liburan ada baiknya dimanfaatkan untuk me time. Supaya bisa mengistirahatkan pikiran agar tidak memikirkan banyak hal dulu. Cara ini akan membuat pikiran dan tubuh lebih tenang, saat kembali bekerja maka akan kembali fokus. 

 

2. Meningkatkan Semangat dalam Bekerja 

Kebanyakan orang menilai bahwa melakukan me time di masa libur panjang maupun pendek adalah solusi mensejahterakan aspek psikologis. Namun ternyata lebih dari itu, hal ini sesuai dengan hasil studi yang dilakukan oleh Almuth McDowall seorang pengajar psikologi di University of Birkbeck. 

 

Setiap orang disarankan untuk melakukan me time supaya bisa mengisi kembali “baterai” tubuhnya. Sehingga ketika kembali bekerja di kantor dan mengurus segala urusan cetak kalender meja bisa lebih bersemangat. Artinya me time merupakan solusi untuk meningkatkan kembali semangat dalam bekerja. 

 

3. Bisa Lebih Mandiri

Saat kamu me time, artinya kamu fokus terhadap diri sendiri. Tidak hanya pada pikiran, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas tanpa bergantung ke orang lain. Hal ini bisa meningkatkan kemandirian jika dilakukan secara berkala dan dibiasakan. Salama me time dilakukan di tengah masa cuti lebaran maupun tahun baru, juga bisa lebih menghargai diri sendiri. Sebab selama masa tersebut dijamin akan menyadari kemampuan dan kemandirian diri sendiri. 

 

Baca Juga : Cuti Liburan Dipangkas? Isi Liburan Singkatmu dengan Ini

 

4. Momen Terbaik Mengenal Diri Sendiri 

Melakukan me time selama masa liburan setelah mengurus cetak kalender meja perusahaan juga membantu mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Sebab saat menikmati waktu sendiri maka bisa merenung dan memikirkan banyak hal. Tanpa disadari diri sendiri akan mengenal kepribadian dengan baik, dan menemukan cara-cara untuk bisa lebih menikmati hidup.

 

5. Mengasah Kreativitas 

Selama ini orang menganggap aktivitas me time hanya diisi dengan duduk santai dan tiduran di kasur seharian atau sambil menyesap secangkir kopi favorit. Tentu pandangan ini keliru,  sebab terus-menerus “aktif” tidak memberi otak kamu kesempatan untuk beristirahat dan mengisi kembali dayanya sendiri. Menjadi seorang diri tanpa gangguan tanggung jawab pekerjaan memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran, fokus, dan berpikir lebih jernih. Ini merupakan kesempatan untuk merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan. Sehingga melakukan me time selama liburan efektif mengasah kreativitas.

 

Alasan-alasan di atas membuat kegiatan me time tepat untuk masuk agenda kegiatan liburan. Sehingga jatah cuti lebaran maupun cuti tahunan agar bisa libur panjang bisa diisi dengan kegiatan seru dan sesuai keinginan pribadi.

 

Baca Juga : Berkirim Hampers Jadi Populer Selama Pandemi! Silaturahmi Jalan, Kamu Tetap Aman