Apa Sih Bedanya Pamflet dan Brosur?

Apa Sih Bedanya Pamflet dan Brosur?


Tya Widianingsih | 18 Dec 2020 | 6892

Kamu yang bekerja di bidang percetakan atau media iklan mungkin sudah bosan karena terlalu sering melihat contoh pamflet dan brosur. Sudah hafal pula berapa harga cetak brosur atau pamflet. 

 

Keduanya sangat akrab sebagai media pengumuman atau promosi. Digunakan oleh siapa saja entah itu perusahaan swasta, instansi pemerintah, bisnis UMKM dan sebagainya. Tapi apa perbedaannya? Berikut uraiannya,

 

Pengertian Pamflet

Pamflet merupakan kertas promosi yang sengaja dicetak bulak balik tanpa menambahkan cover. Informasi yang tertera pada pamflet sangat beragam. Mengkombinasikan desain gambar menarik dengan teks informasi. Ukurannya sedikit lebih kecil daripada brosur sehingga bisa dibawa atau disimpan dengan mudah dalam tas.

 

Pengertian Brosur

Brosur memiliki tampilan dan desain yang lebih unik, biasanya dibuat dari paper yang lebih keras dari bahan pamflet. Ukuran brosur umumnya lebih besar dari pamflet. Selain itu, brosur juga bisa dilipat sehingga terkesan lebih simple dan elegan. 
Perusahaan yang ingin melakukan promosi, selain membuat pamflet biasanya juga menanyakan harga cetak brosur untuk membuat brosurnya.

 

Perbedaan Brosur VS Pamflet

Setelah memahami definisi dari masing-masing produk, selanjutnya silakan kamu simak sejumlah perbedaannya di bawah ini:

1. Tujuan Pembuatan

Banyak orang yang berpikir antara pamflet dan brosur keduanya bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa. Padahal tujuan pembuatan pamflet lebih condong kepada education.  Perusahaan merangkum informasi singkat, padat dan cermat dalam satu lembar pamflet untuk menginformasikan sesuatu pada konsumen. Dalam beberapa kasus, sejumlah pihak sengaja membuat pamflet untuk announcement tertentu. 

 

Kebalikan dari pamflet, brosur sengaja didesain untuk promosi suatu produk atau jasa. Layoutnya dibuat seunik dan semenarik mungkin sehingga konsumen merasa tertarik untuk melihat dan membaca isinya. 
Informasi yang tertera pada brosur jauh lebih panjang dan mendetail. Tidak heran jika harga cetaknya pun dibedakan. Menyesuaikan dengan kebutuhan material, waktu dan proses percetakan. 

 

2. Jenis Kertas yang Digunakan

Melihat tujuan pembuatannya, perusahaan sengaja menggunakan kertas biasa untuk pembuatan pamflet tidak ada yang diistimewakan. Beberapa perusahaan bahkan mengurangi modal dengan memanfaatkan kertas HVS.

 

Sedikit lebih mewah daripada pamflet, brosur dibua dari kertas khusus yang bahannya lebih tebal. Kamu bisa menemukan aplikasi art carton, matte paper atau jenis paper khusus lainnya. Tampilan finishing brosur pun lebih glossy daripada pamflet. Jika kamu bertanya pada jasa digital printing, berapa harga cetak brosur dan pamflet. Umumnya mereka akan memberikan jawaban yang berbeda. Di mana harga brosur dipatok lebih tinggi.

 

3. Harga Cetak Brosur vs Pamflet

Kamu yang sering menghubungi jasa digital printing hapal dengan baik daftar harga layanannya. Hampir semua jasa digital printing menawarkan harga cetak pamflet lebih murah daripada cetak brosur.  Mengapa? Karena material yang diaplikasikan pada pembuatan brosur jauh lebih mahal. Begitu pula desain brosurnya yang tampak lebih ekslusif dan menarik. Sementara pamflet dihargai lebih murah karena tidak banyak modal yang harus dikeluarkan oleh jasa digital printing untuk menyelesaikan pembuatannya.

 

Meskipun harga pembuatan brosur lebih mahal dari segi kualitas, produk ini jauh lebih mumpuni daripada pamflet. Kamu yang bermaksud mempromosikan suatu produk dengan ekstra informasi di setiap paragrafnya, wajib membuat brosur.

 

Mintalah jasa digital printing, PrintQoe untuk menggarap pembuatan brosur atau pamfletmu. PrintQoe.com menawarkan layanan bermutu tinggi dengan jaminan hasil yang clean dan rapi. Tulisan pamflet atau brosurmu akan tercetak dengan jelas, begitu pula gambar desainnya.
Harga cetak brosur yang ditawarkan PrintQoe.com sangat terjangkau, kompetitif dengan harga cetak pasaran.

 

Untuk informasi terkini seputar tarif Layanan atau jenis layanan PrintQoe.com lainnya, silahkan kamu hubungi CS marketing kami. Kami selalu siap melayani permintaan pesanan pelanggan untuk pembuatan brosur dan pamflet berkualitas.