Butuh Custom Satuan Ga Pake Ribet?  Print On Demand Solusinya

Butuh Custom Satuan Ga Pake Ribet? Print On Demand Solusinya


Tya Widianingsih | 27 Aug 2021 | 240

Kebutuhan mencetak apapun dalam kuantitas kecil memang sulit untuk dilakukan, karena biasanya jasa cetak online langsung antar hanya melayani pencetakan jika memenuhi jumlah minimal. Padahal banyak orang hanya memerlukan satu cetakan saja atau mungkin di bawah 10 cetak, baik untuk buku, stiker, label, kemasan produk, dan lain sebagainya. 

Lalu, bagaimana solusinya? Sebab jika mencetak dengan jumlah lebih banyak agar memenuhi jumlah cetak minimal dari jasa percetakan. Sudah tentu ada lebih banyak cetakan yang tidak terpakai, biaya yang dikeluarkan juga lebih besar dari seharusnya. 


Mencoba Layanan Print On Demand

Jika menghadapi situasi di atas, maka salah satu solusi terbaik adalah menggunakan layanan cetak Print On Demand yang sering disingkat menjadi POD. Layanan jenis ini membantu siapa saja yang ingin mencetak dokumen apapun dalam kuantitas kecil. Sehingga konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra dan berujung pada hasil cetak yang tidak terpakai dan mubazir begitu saja. 

Saat ini layanan POD sudah semakin banyak disediakan, terutama di kota-kota besar. Adanya internet kemudian membuat pelaku jasa POD tersebut melayani jasa cetak secara online. Sehingga siapa saja yang tinggal dimana saja bisa menggunakan jasanya untuk memenuhi kebutuhan cetak dokumen apapun dengan kuantitas kecil. 

 

Keuntungan yang Diberikan  

Menggunakan layanan POD tersebut tentu sangat menguntungkan pihak konsumen atau pengguna jasa. Keuntungannya sendiri ternyata sangat banyak dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 

 

1. Proses Cetak Lebih Mudah dan Cepat 

Menggunakan layanan POD dari sebuah jasa cetak online langsung antar membantu mencetak dokumen atau file apapun dengan cepat dan mudah. Prosesnya yang berbasis online membuat konsumen tidak perlu keluar rumah, bisa dilakukan dengan smartphone sambil rebahan atau melakukan aktivitas apapun. Meskipun hanya mencetak 1 atau 2 lembar dijamin akan tetap dilayani secara profesional. 

 

2. Spesifikasi Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Meskipun mencetak dalam kuantitas yang sedikit, konsumen jasa POD tidak perlu khawatir mengenai kualitas cetak. Apalagi konsumen bisa memilih sendiri spesifikasi cetaknya. Mulai dari jenis kertas, ukuran kertas, dan lain-lain yang tentu membuat hasil cetak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

 

3. Metode Pembayaran Beragam

Jasa cetak online yang melayani sistem POD biasanya juga menawarkan sistem pembayaran yang beragam. Semakin profesional jasa POD tersebut maka semakin lengkap metode pembayarannya. Mulai dari transfer bank, transfer menggunakan Virtual Account, pembayaran melalui minimarket, dan lain-lain. 

 

4. Tracking Produksi, Pengemasan, dan Pengiriman

Jasa Print On Demand berbasis online seperti yang disediakan oleh PrintQoe juga membantu konsumen untuk melakukan pelacakan pesanan. Layanan tracking disediakan untuk melacak progres produksi (cetak), pengemasan, sampai tracking pengiriman. Sehingga semuanya bisa di cek secara menyeluruh sekaligus bisa diketahui ada tidaknya masalah selama proses tersebut berlangsung. 

 

5. Biaya Lebih Efisien

Biaya untuk cetak dengan POD juga lebih efisien, karena seperti yang dijelaskan di awal. Konsumen tidak perlu mencetak lebih banyak dari kebutuhan karena mencetak dalam jumlah berapapun akan dilayani. Sehingga biaya yang dikeluarkan hanya untuk jumlah yang dicetak dan sesuai kebutuhan. 

 

Jasa POD dengan segala karakternya tentu menguntungkan siapa saja yang ingin mencetak dalam kuantitas kecil. Terutama pelaku usaha yang ingin mencetak kemasan dalam jumlah terbatas sebagai proses uji coba pasar. Sehingga modal lebih efisien dan proses uji coba sesuai rencana. 

 

Jika membutuhkan layanan POD online maka bisa menggunakan jasa dari PrintQoe yang melayani cetak online langsung antar. Sehingga konsumen bisa mencetak dalam kuantitas sedikit yang langsung diproses dan dikirimkan secepatnya. Biaya cetak juga kompetitif, dan PrintQoe menawarkan harga lebih murah untuk cetak kuantitas besar.