Ga Cuma First Impresion, Cover Novel  Punya Manfaat Lain

Ga Cuma First Impresion, Cover Novel Punya Manfaat Lain


Tya Widianingsih | 29 Aug 2021 | 284
Novel banyak digemari oleh masyarakat, khususnya bagi kalangan remaja. Hal ini dikarenakan isi dari buku novel menceritakan kejadian yang terjadi dikehidupan sehari-hari. Selain itu, desain dari cover novel sendiri umumnya memiliki perpaduan warna dan bentuk yang unik, sehingga menarik perhatian para pembacanya. 
 
Cover dalam sebuah novel merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca. Karenanya membuatnya cukup menarik adalah kewajiban. Selain itu ada beberapa manfaat lain yang diberikan cover dalam novel. Apa saja? Berikut ulasannya 
 
 
Manfaat Cover Novel
 
Novel merupakan salah satu karya fiksi berbentuk prosa yang umumnya membahas tentang permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa tokoh dalam novel digambarkan dengan berbagai macam watak, serta bahasa yang digunakan bersifat mudah dipahami, sehingga dapat dibaca ketika sedang bersantai. Selain itu, novel umumnya memiliki pesan moral yang baik. Kegiatan membaca novel memberikan banyak manfaat. Selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan membaca novel juga dapat memperkaya tata bahasa dan meningkatkan kreativitas seseorang. 
 
Ketertarikan masyarakat akan membaca novel bukan hanya berasal dari isi novel itu sendiri. Desain cover atau sampul novel juga dibuat sedemikian rupa, sehingga dapat menarik minat pembacanya. Berbicara mengenai cover, terdapat beberapa manfaat dari cover sebuah novel. Berikut ini disajikan beberapa manfaat cover novel tersebut.
 

1. Melindungi Isi Buku

Fungsi utama dari sebuah cover adalah melindungi keseluruhan lembaran sebuah novel yang umumnya terbuat dari bookpaper yang tipis. Dengan adanya cover, bagian isi novel dapat terlindungi, sehingga tidak mudah robek dan kusut.  Selain itu, cover novel dapat membuat tampilan isi buku menjadi lebih rapih. 
Cover novel sendiri dapat dibuat dari beberapa macam jenis kertas, seperti art carton, ivory paper dan cotton board. Cover juga umumnya dibuat dengan ukuran kertas A5 atau kertas berukuran 13 x 19 cm. 
 

2. Menyajikan Informasi dari Sebuah Novel

Cover dari sebuah novel sangat berperan dalam memberikan informasi dari novel itu sendiri. Informasi yang didapatkan berupa judul novel, identitas penulis, penerbit dan ISBN. Selain itu, cover juga dapat memberikan informasi berupa ringkasan dari isi novel, sehingga pembaca dapat mengetahui sekilas mengenai novel yang akan dibaca. Ringkasan novel ini biasa disebut dengan sinopsis.
 

3. Menjelaskan Genre dari Sebuah Buku

Cover novel tentu dibuat mengikuti genre dari novel itu sendiri. Misalnya untuk novel misteri umumnya menggunakan warna gelap, sedangkan untuk novel percintaan umumnya menggunakan warna yang lebih terang. Selain itu, cover juga umumnya mencantumkan kategori usia pembaca, sehingga dapat terlihat apakah novel tersebut diperuntukkan untuk anak-anak, remaja atau orang dewasa.
 

6. Tanda Professionalisme Penerbit

Bagus tidaknya sebuah cover ditentukan oleh kinerja tim penerbit. Penerbit yang kurang bagus akan membuat cover dengan asal-asalan, sehingga kurang menarik perhatian pembaca. Lain halnya dengan penerbit profesional, mereka tentu akan membuat desain cover dengan memperhatikan segala aspek, baik aspek keindahan maupun aspek kesesuaian dengan isi novel, sehingga lebih mudah menarik perhatian pembaca.
 

7. Indah Saat Dipajang

Sama halnya dengan barang dagangan, novel juga memerlukan penutup yang dapat memberikan kesan indah dan rapih ketika dipajang. Dengan adanya sampul, buku dapat dipajang pada rak-rak, etalase dan juga ditampilkan pada toko online dengan memamerkan keindahan  dari sampul novel tersebut.
 
 
Demikianlah beberapa manfaat dari cover sebuah novel. Dengan beragam manfaat tersebut, tentu keindahan dari sebuah cover harus diperhatikan, terutama ketika proses cetak novel berlangsung. Pilihlah jasa percetakan buku yang professional, agar cover yang dihasilkan berkualitas. 
 
Untuk kamu yang ingin cetak novel sendiri, di PrintQoe.com adalah pilihan paling tepat. Disini kamu akan ditawarkan berbagai paket yang tentu saja akan merpemudah dalam proses cetak. Serta dengan pengalam desainer di PrintQoe.com desain dari cover novelmu akan lebih menarik.