Gerakan Kurangi Plastik dalam Kehidupan Sehari-hari

Gerakan Kurangi Plastik dalam Kehidupan Sehari-hari


Tya Widianingsih | 03 Mar 2021 | 800

Jika kita perhatikan akhir-akhir ini, banyak orang yang mengeluh bahwa bumi kita semakin panas. Bukan hanya itu, sebagian besar orang juga beranggapan bahwa bumi kita hampir sama panasnya dengan neraka. Ini justru menjadi pertanyaan untuk kita semua, sebagai umat manusia. Mengapa hal tersebut terjadi? Apakah kita tidak mampu menjaga bumi kita? Misalnya saja menjaga bumi kita dari hal yang terkecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

 

Namun demikian, apakah hal kecil tersebut sudah kita lakukan dengan rutin? Seringkali kita justru membuang sampah di sembarang tempat, seperti sungai, jalan raya, dan lain sebagainya. Dalam website Binus mengatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua dalam menghasilkan sampah. Seharusnya hal tersebut menjadi perhatian kita bersama sebagai masyarakat Indonesia. Berangkat dari hal tersebut, melalui tulisan ini saya ingin membagikan cara mengurangi sampah di dalam kehidupan kita. Adapun sebagai berikut:

 

Selalu Membawa Tas ketika Membeli Barang di Warung/Supermarket

Rasanya membawa tas ini merupakan hal yang sederhana, yang pernah bisa kita lakukan. Sekarang banyak kantong kresek yang diklaim biodegradable, tapi tetap saja butuh waktu bertahun-tahun untuk mengurainya. Kantong kertas atau paper bag bisa jadi alternatif yang lebih ramah lingkungan, tapi akan jauh lebih baik kalau kalian membawa tas sendiri (tote bag) untuk mendukung gaya hidup zero waste.

 

Selalu siapkan tote bag ramah lingkungan sebelum berbelanja. Kalian bisa menyimpannya di dalam tas, dashboard mobil/motor, atau di tempat yang mudah dijangkau supaya tidak lupa.

 

Baca juga : Kantong Plastik Dilarang! Saatnya Ganti Tas Belanjamu

 

Selalu Membawa Tumbler dan Sedotan Stainless

Jujur saja, setiap kamu keluar rumah pasti pernah kan membeli minum di luar? Baik itu air kemasan berbentuk botol, kotak, kaleng, atau belipun beli minuman kekinian di kedai kopi & boba. Minuman seperti itu tentu saja akan bverkontribusi besar terhadap penumpukan sampah. Apalagi , biasanya minuman itu sudah sepaket dengan sedotannya, double deh sampahnya.

Nah, dengan kamu selalu membawa tumbler dan sedotan sendiri, kamu akan terbiasa merubah lifestyle menjadi lebih peduli terhadap lingkungan. Bagaimana tidak? Saat beli kopi, kamu bisa menggunakan tumbler. Kalao lipstik gamau luntur saat minum (khusus perempuan ya), sudah bawa sedotan sendiri, tidak perlu minta ke kedai.

 

Jika setiap orang melakukan hal kecil seperti ini, tidak terbayang bukan berapa banyak tumpukan sampah yang bisa dikurangi. Kalau bukan sekarang, kalau bukan kita, siapa lagi?

 

Selalu Membawa Kotak Makan dari Rumah

Sama halnya dengan tumbler dan sedotan. membawa kotak makan sendiri prinsippnya untuk digunakan sebagai wadah pengganti saat membeli makanan. Oiya, membawa kotak sendiri, punya keuntungan selain mengurangi sampah lhoo. Biasanya penjual makanan akan menyesuaikan porsi sesuai dengan tempat yang kita bawa. Nah, cocok banget kan buat menjaga porsi nakan agar tubuh tetap sehat. Bonusnya plus-plus jika kamu membiasakan ini.

 

Cara-cara di atas mungkin tidak terbiasa dalam masyarakat, tetapi ketika masyarakat melihat usaha kita, saya yakin bahwa mereka akan berpikir tentang pentingnya menjaga bumi. Semangat dalam menjaga bumi dari keseharian kita.

 

Baca Juga : Keren Tanpa Plastik, Menjaga Lingkungan Dimulai dari Diri Sendiri