Ikuti Tips Ini untuk Meningkatkan Laba Bisnis UMKM

Ikuti Tips Ini untuk Meningkatkan Laba Bisnis UMKM


Tya Widianingsih | 01 Apr 2020 | 240
Tanda sebuah kesuksesan usaha seringkali dilihat dari eksistensinya di media digital. Atau publik sering melihatnya dari besarnya toko dn dimana lokasi usaha yang ditempati. Aspek-aspek tersebut tidaklah salah, namun belum tentu benar juga loh! Yang terpenting bagi usaha baik binis UMKM atau UKM adalah besarnya laba. Laba merupakan tanda akan kesuksesan sebuah usaha.
 

Lalu, bagaimana mengukur laba usaha sesorang baik atau tidak?

Apakah dari tingginya penjualan? Oh, tentu tidak. Perlu diperhatikan, bahwa angka penjualan yang tinggi bukan berarti laba juga turut menaik. Menurut Patricia Sigmon, penulis buku Six Step to Creating Profit, 2/3 UMKM tidak bisa membuat laba atau meningkatkannya dari setahun sebelumnya.
 
Baca Juga: Sumber Modal Usaha dan Cara Mengelolanya
 
Oleh karena itu, setiap pengusaha perlu membuat langkah pasti agar binis UMKM atau UKM tetap presisten dan kredibel di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Berikut ini 5 tips yang dirasa efektif untuk meningkatkan laba usaha bagi UMKM dan UKM.
 

1. Arus Kas Usaha

Cara terbaik untuk meningkatkan laba binis UMKM atau UKM tentu saja dengan memaksimalkan arus kas usaha. Contohnya, Kamu bisa memberikan diskon untuk pelanggan. Potongan harga mungkin terlihat merugikan, tapi hal ini bisa menarik lebih banyak orang serta meninggalkan loyalitas pelanggan.
 
Selain itu, angan lupa utnuk membuat sistem pembukuan yang rapi. Sistem yang rapi akan membantumu dalam melihat kondisi keuangan secara detil. Dengan begitu, Kamu bisa menentukan strategi, membuat keputusan, berdasarkan kondisi keuangan.
 

2. Strategi Marketing

Marketing merupakan ujung tombak perusahaan. Marketing memiliki tugas untuk menarik orang untuk membeli produk usaha yang Kamu miliki. Untuk itu, membuat perencanaan yang baik penting dilakukan. Buatlah campaign-campaign untuk binis UMKM atau UKM-mu dengan pendekatan konten yang lebih soft selling. Cara ini biasanya dilakukan dengan memberikan narasi yang mengalir, namun tetap memasukan value dan informasi yang cukup mengenai produk.
 

3. Operasional Usaha

Kinerja yang optimal antar tiap divisi juga menjadi kunci akan keberhasilan sebuah usaha. Untuk meningkatkannya, Kamu bisa menggunakan software gratis untuk bisnis untuk meningkatkan efisiensi usahamu. Tidak perlu khawatr harganya. Karena selama masa pandemic COVID19, beberapa perusahaan software besar menggratiskan sistem mereka. Ini kesempatanmu untuk mencobanya dan mulai meningkatkan laba binis UMKM atau UKM-mu!
 
Baca Juga: Bagaimana Bisnis Tetap Jalan di Tengah Pandemi COVID19?
 

4. Ekspansi Usaha

Saat Kamu merasa bisnis UMKM atau UKM begitu-begitu saja. Bisa saja bisnismu membutuhkan sesuatu yang baru dan menyegarkan. Salah satunya dengan mengekspansi usaha. Ekspansi usaha tidak berarti Kamu harus menyiapkan modal besar. Istilah membuka toko baru atau melebarkan bisnis ke luar kota sudah kurang relevan untuk kata “ekspansi usaha”.
Untuk menjangkaunya, sekarang telah tersedia platform e-commerce dan marketplace yang bisa Kmau manfaatkan. Yaps, zaman sekarang usaha online menjadi ranah besar yang bisa menghubungkan setiap orang tanpa mempedulikan lokasi dan tempat.
 

5. Membuat Salesperson

Semua orang bisa menjadi sales. Meskipun sales merupakan divisi khsuus tersendiri, bukan berarti Kamu dan seluruh tim menyerahkan begitu saja perihal penjualan pada mereka. Intinya, setiap orang bisa menjadi representasi dari bisnis yang sedang digeluti. Seluruh karyawan juga bisa menjadi penghubung bisnis dengan pelanggan dengan berbagai cara, ide baru mengenai produk dan layanan, perubahan yang harus dilakukan, serta hal-hal lain yang bisa didiskusikan bersama demi meningkatkan laba usaha binis UMKM atau UKM-mu.
 
 
Untuk menunjang kegiatan operasional dan kebutuhan bisnis binis UMKM atau UKM-mu, Kamu bisa mempercayakan seluruh kebutuhan cetak di PrintQoe.com. Platform cetak online ini bisa melayani berbagai macam pemesanan cetak secara kustom. Mulai dari kemasan produk, kemasan makanan, bahan promosi, souvenir, invoice, dll. PrintQoe.com akan melayani pesanan cetak di seluruh Indonesia.