Keren Tanpa Plastik, Menjaga Lingkungan Dimulai dari Diri Sendiri

Keren Tanpa Plastik, Menjaga Lingkungan Dimulai dari Diri Sendiri


Tya Widianingsih | 03 Mar 2021 | 2122

Plastik merupakan salah satu masalah lingkungan paling krusial yang sudah ada menahun dan terus menggerogoti hingga memberikan berbagai dampak negatif terhadap kehidupan. Di Indonesia semdiri, jumlah sampah plastik setiap tahunnya mencapai 62 juta ton, dengan kontribusi terbesar berasal dari produk yang kita gunakan sehari-hari.

 

Dilansir dari Green Peace, sampah plastik sekali pakai tidak hanya mengotori lingkungan, tapi juga membunuh satwa laut yang memakan plastik. Plastik pun juga bisa masuk ke dalam tubuh manusia dalam bentuk mikroplastik melalui makanan, minuman, bahkan udara yang kita hirup.

 

Seiring dengan hari ulang tahun (HUT) ke-64 pada Februari 2021, PT Astra International Tbk menggaungkan Semangat Kurangi Plastik, sebuah gerakan yang berangkat dari keprihatinan seluruh karyawan Grup Astra terhadap masalah yang ditimbulkan oleh sampah plastik.

 

Sejak gerakan ini diluncurkan pada Februari 2020, Grup Astra berhasil mengurangi 420 ton sampah plastik hingga Februari 2021. Angka tersebut berasal dari 60 ton sampah plastik dari Grup Astra dan selebihnya yaitu 360 ton yang dikelola dari 86 bank sampah binaan Grup Astra di seluruh Indonesia.

 

Gerakan ini harus dibiasakan bersama-sama seluruh lapisan masyarakat. Di mulai dari diri kita sendiri  untuk bumi yang lebih baik dengan melakukan reduce, reuse, dan recycle.

 

Baca Juga : Gerakan Kurangi Plastik dalam Kehidupan Sehari-hari 

 

Dengan semangat yang sama, PrintQoe.com sebagai Bisnis Unit dari anak perusahaan dari Asta Group yakni, Astragraphia Xprins Indonesia turut serta mensosialisasikan gerakan Semangat Kurangi Plastik. Dengan cara mengajak masyarakat, khususnya pelanggan PrintQoe.com untuk selalu menggunakan produk reusable dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kehidupan kita memang tidak terlepas dari yang namanya “sampah plastik”. Hampir setiap kegiatan yang kita lakukan akan menghasilkan sampah. Salah satunya saat kita berbelanja dan beraktifitas di luar ruangan yang kerap membeli air minum dalam botol kemasan.

 

Agar kesadaran akan gerakan ini semakin mudah diterima oleh masyarakat, PrintQoe.com memulai kebiasaan ini dengan mengaitkan aspek yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat, yaitu lifestyle. Selalu membawa tas belanja dan botol minum sendiri bisa membuat kita bisa tampil libih keren, dan stylish.

 

Kita bisa meng-customize desain totebag & tumbler dengan warna, desain, & ukuran sesuai dengan karakter, minat, maupun hobi yang kita minati. Tote bag digunakan sebagai pengganti kantong plastik saat berbelanja atau digunakan sebagai tas apapun, sehingga kita bisa tetap berpenampilan stylish. Begitu juga dengan tumbler, dengan memiliki tumbler bergambar/desain yang kita sukai, tentunya kan membuat psikologis kita selalu ingat untuk mengurangi penggunaan botol kemasan plastik.

 

Di bulan Maret ini, PrintQoe.com memberikan Promo Marchvelious untuk mengajak masyarakat merubah lifestyle, untuk  menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan keberlangsungan bumi di masa depan.

 

Baca juga : Zero Waste d Kantor? Ini Tipsnya!