Masih Harus Ngantor di Tengah Pandemi COVID-19? Ini Saran WHO!

Masih Harus Ngantor di Tengah Pandemi COVID-19? Ini Saran WHO!


Tya Widianingsih | 31 Mar 2020 | 425

Serangan virus corona (COVID-19) di Indonesia membuat sejumlah kegiatan mengalami perubahan. Mulai dari pendidikan yang dilakukan secara daring, hingga aturan bekerja yang sekrang diberlakukan dari rumah atau dikenal juga dengan Work From Home (WFH).

Ya, dalam upaya mengurangi penyebaran COVID-19, pemerintah Indonesia, atas saran dari World Health Organization WHO mulai melakukan himbauan physical distancing. Bekerja dari rumah atau WFH ini sudah mulai diberlakukan oleh sejumlah perusahaan sejak minggu ketiga dan minggu keempat bulan Maret 2020. Dengan harapan, bisa meminimalisisr korban yang berjatuhan cukup besar serta setiap harinya sehingga kurva COVID-19 dapat diatasi.

Namun, bagaimana jadinya apabila pekerjaanmu mengharuskan untuk tetap datang ke kantor? Memang, jika untuk beberapa kondisi hal tersebut tidak dapat dihindari. Meskipun WHO mengatakan physical distancing merupakan pilihan terbaik yang harus dilakukan, akan tetapi WHO juga memberikan saran lain bagi para pekerja yang terpaksa harus tetap ke kantor.

 

Saat di Perjalanan

Ketika dalam perjalanan menuju kantor, sebaiknya usahakan untuk tidak mengunakan transportasi masal seperti kereta, bus, maupun transjakarta. Meskipun fasilitas publik kini sudah diberi berbagai peringatan; dari menjaga jarak saat duduk maupun mengantre, hal tersebut tidak dapat menjadi jaminan.

Untuk itu, lebih baik Kamu meminimalisir resiko dengan menggunkaan transportasi umum yang lebih privat, ojek online misalnya. Setidaknya, dengan transportasi ini Kam hanya berdekatan dengan satu orang. Selain meminimalisir resiko penularan, Kamu juga dapat sekalian berbagi rezeki dengan mereka bukan?

 

Saat Sampai Tujuan

Setelah sampai kantor, segera ke kamar mandi untuk mencuci tangan dengan sabun. Kemudian lakukan himbauan lainnya selama di kantor seperti tidak menyentuh area wajah, menutup mulut batuk dengan siku, dll.

Selain itu, biasakan untuk membersihkan berbagai peralatan kerjamu. Seperti meja kerja, keyboard, mouse, telepon kantor, hingga HP mu dengan disenfektan. Dilansir dari laman CNN, biarkan permukaan benda yang telah disterilkan dalam keadaan basah hingga 3 sampai 5 menit sebelum diseka dengan tisu.

Kemudian, yang terpenting saat bekerja di kantor adalah tidak berjabat tangan dengan orang lain untuk melindungi diri dari virus. Bahkan, beri jarak minimal 1 meter.

 

Saat Menghadiri Rapat atau Pertemuan

Datang ke kantor, biasanya tidak jauh-jauh dari kegiatan meeting. Jadi, sebaiknya saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan dan tidak saling bersentuhan. Lengkapi setiap orang dengan botol hand sanitizer dan disinfektan, serta masker. Pilih juga ruangan dengan kapasitas yang besar, sehingga dalam pertemuan sekalipun, Kamu dan rekan sekantor teteap dapat mengupayakan physical distancing.

 

Setelah Pulang Ke Rumah

Dari semua tempat dan jalan yang dilewati saat menuju kantor dan berada di kantor, rumah adalah tempat yang paling penting. Kamu setuju bukan? Untuk itu, perlindungan diri saat sampai ke rumah merupakan hal yang tidak bisa kamu abaikan.

Jangan harap untuk langsung menarik lapas lega saat Kamu sampai ke rumah. Kamu harus melakukan rangkaian proses sterilisasi sejak di depan rumah. Pertama, lepas sepatu dan bersihkan dengan tisu basah atau air. Setelah itu semprot dengan disinfektan. Perlu dicatat, jangan bawa sepatumu ke dalam rumah.

Kedua, Kamu harus langsung menanggalkan seluruh baju yang digunakan tanpa menyentuh peralatan yang ada di rumah. Apalagi jika langsung duduk di sofa atau rebahan di kamar. BIG NO! Langsung masukan pakaianmu ke tempat khsusu, lebih baus lagi apabila langsung direndam dan dicuci.

Ketiga, bersihkan seluruh tubuh. Artinya, Kmau harus keramas juga ya, karena bisa saja virus dan bakteri menempel di rambut kepalamu. Setelah berganti dengan pakaian baru, barulah Kamu bisa mulai bersantai dan berinteraksi dengan anggota keluarga.

Memang, tahap di rumah ini cukup merepotkan. Tapi, Kamu jangan pernah malas melakukannya ya! Karena kesehatanmu dan orang-orang di sekelilingmu adalah prioritas utama. Oiya, pastikan juga baju yang Kamu pakai keluar tidak dipakai kembali jika belum dicuci.


Pastikan Kamu yang masih harus ke kantor untuk melakukan semua anjuran World Health Organization di atas ya! Semoga bermanfaat :)