Mau Jual Masker Custom Print? Ini Standar dari  WHO

Mau Jual Masker Custom Print? Ini Standar dari WHO


Tya Widianingsih | 16 Oct 2020 | 178

Masker merupakan salah satu barang yang paling dicari selama masa pandemi Covid-19. Dari berbagai jenis masker yang tersedia, kini banyak orang yang memilih masker custom print. Hal ini dikarenakan masker custom print tidak hanya mampu meminimalisir resiko penularan virus, tapi juga mampu membuat pemakainya tetap tampil stylist.

 

Banyak orang yang kini memiliki ketertarikan untuk menjual masker custom print ini. Apalagi, bagi banyak orang kebiasaaan hidup sehat dan bersih selama pandemi ini akan menjadi kebiasaan baru untuk masa depan. Artinya, permintaan masker sebagai salah satu alat kesehatan ini akan tetap ada.

 

Baca Juga: Mengantisipasi Virus Covid-19 dengan Tetap Tampil Modis

 

Jika kamu juga tertarik untuk menjualnya, tak ada salahnya mempelajari seperti apa sih standard masker yang sudah ditetapkan oleh WHO. Supaya masker yang kamu jual tidak hanya mementingkan aspek penampilan saja, tetapi juga memenuhi standard kesehatan yang sesuai dan disepakati lembaga internasional, yaitu WHO (World Health Organization).

 

Standar Masker WHO

Pada pertengahan tahun 2020, WHO merilis aturan tentang standard masker dan untuk siapa saja masker tersebut layak digunakan. Terdapat 5 jenis masker, dan berikut ini adalah penjelasannya.


1. Reusable Facepiece Respirator

Sumber: Fishersci


Ini adalah masker dari kelompok Filtering Facepiece Respirator (FFR). Masker ini diketahui memiliki tingkat penyaringan yang paling tinggi, karena dapat melakukan filtrasi hingga ukuran gas. Sehingga penggunaan masker ini sangat direkomendasikan untuk pekerjaan-pekerjaan berbahaya yang beresiko tinggi terpapar gas beracun. 

Masker juga merupakan jenis FFR ini dapat digunakan berulang kali, loh. Asalkan dibersihkan dengan disinfektan dan bagian face seal tidak mengalami kerusakan.

 

2. Masker N95

Sumber : Kompas


Ini adalah jenis masker yang sering dibicarakan, karena sangat direkomendasikan untuk tenaga medis dan orang-orang yang menangani pasien Covid-19 secara langsung.

 

Efektivitas filtrasinya tidak hanya mampu melindungi pemakainya dari resiko penularan secara droplet, tapi juga mampu mengantisipasi penularan dari cairan yang berukuran aerosol. Hal ini dikarenakan masker jenis ini memiliki face seal fit yang relatif ketat. Masker ini juga termasuk dalam kategori FFR, akan tetapi hanya dapat digunakan dalam sekali pemakaian (disposal)

 

3. Surgical Mask 3 Ply

Sumber: Freepik

 

Masker ini adalah jenis masker bedah yang memiliki 3 lapisan. Lapisan terluar tidak terdapat anyaman dan kedap air. Lapisan kedua memiliki filtrasi tinggi. Serta lapisan ketiga atau lapisan terdalam yang berfungsi untuk menyerap cairan yang keluar ketika si pemakai bersin atau batuk.

Penggunaan masker ini direkomendasikan untuk orang-orang yang menunjukkan gejala flu, sakit bawaan, orang berusia lebih dari 60 tahun, serta orang yang berada di ruangan yang sama dengan pasien Covid-19. Petugas medis dan puskesmas juga disarankan untuk memakai maser ini, dengan dikombinasikan bersama APD lengkap.

 

Baca Juga : Pelaku Bisnis Wajib Cetak Himbauan Covid-19

 

4. Mask 2 Ply

Sumber: Freepik

 

Masker ini memiliki karakteristik sama dengan masker bedah dengan 3 lapisan. Akan tetapi maker ini tidak memiliki lapisan kedua, atau lapisan filtrasi. Sehingga tidak disarankan untuk tenaga medis, akan tetapi masih boleh digunakan untuk orang-orang yang menunjukkan gejala influenza.

 

5. Masker Kain

Sumber: Freepik

 

Ini adalah masker yang bisa digunakan oleh masyarakat umum yang tidak menunjukkan gejala sakit. Masker tipe ini dapat dengan mudah kita temui di pasaran semenjak masa pandemi Covid-19 ini. Modelnya juga ada berbagai macam, mulai dari yang biasa hingga yang berjenis masker custom. 

 

 

Jadi jika kamu berencana untuk menggunakan  atau bahkan akan menjual masker custom print, pastikan masker tersebut sudah memenuhi standar SNI yang telah ditetapkan, ya! Salah satu aturan standard masker adalah ukuran, masker yang memenuhi standard harus berukuran 30x15 cm.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis masker yang sudah ditetapkan standarnya oleh WHO. Jika kamu ingin berjualan masker, terutama masker custom print, menggunakan standard yang telah ditetapkan sangatlah penting. Sehingga walaupun ingin tetap tampil gaya di era pandemi ini, bukan berarti faktor kesehatan akan menjadi terabaikan.