Perusahaan Terkenal yang Melakukan Rebranding Logo

Perusahaan Terkenal yang Melakukan Rebranding Logo


Tya Widianingsih | 07 Jan 2020 | 1646

Logo merupakan benda yang pertama kali mewakili sebuah perusahaan. Pada saat awal perusahaan berdiri, para founder sudah mempunyai persepsi dan nilai tersendiri mengenai logo yang mewakili perusahaan mereka. Kian tahun, perusahaan mereka pun makin besar dan terkenal.

 

Tentu, dalam beberapa waktu itu terjadi perubahan sedikit demi sedikit atau perkembangan dari bisnis mereka. Dari sini, beberapa perusahaan membutuhkan logo baru yang merepresentasikan nilai yang juga baru. Itulah salah satu, alasan mengapa beberapa perusahaan mengubah logo mereka dari awal pendirian.

 

Berikut 10 daftar perusahaan di dunia yang sudah melakukan perubahan logo

 

Gojek

Juli 2019 lalu, Gojek resmi beralih ke logo baru. Banyak kritik yang yang dilayangkan, salah satunya serupa dengan logo bisnis clothing di Bandung  Ouval Research. Logo terbaru gojek berbentuk cincin lingkaran bundar yang disebut Solv. Logo ini juga serupa tombol on/off yang dibalik. Di sisi lain, Logo ini juga serupa dengan driver tampak atas atau mirip dengan point gps pada sisi negatif spacenya.

 

Namun, menurut UX Lead Gojek, Fatema Raj,  salah satu alasan perubahan logo karena fleksibelitas. Pada logo lama, sangat sulit dilihat dalam ukuran kecil, tetapi dengan logo yang baru tingkat keterbacaannya lebih tinggi pada ukuran kecil.



Baca Juga: Pentingnya Suatu Logo untuk Branding Perusahaanmu


Zara

Januari lalu, Zara merilis logo terbaru mereka yang sangat berbeda dari desain sebelumnya. Logo terbaru mereka dibuat oleh perusahaan desain asal Prancis Braon & Baron. Masih sama-sama menggunakan logo jenis logotype atau wordmark, Logo Zara mempunyai kesan yang sangat berbeda pada kerning. Pada logo terbaru, kerning yang digunakan saling tumpang tindih. Pada saat peluncuran logo baru, para netizen dan komunitas desain banyak yang memberikan kritik karena kerning yang digunakan sangatlah tidak lazim.


Coldwell Banker

Coldwell Banker digadang-gadang melakukan perubahan logo mengekor dari perubahan Century21 tahun lalu. Coldwell Banker mengubah logo yang baru dengan tampilan monogram modern yang tumpang tindih. Sontak, saat publikasi mereka banyak menuai kritik yang tidak sedap di media sosial. Mungkin, ini sebuah reaksi atas perubahan logo yang sangat signifikan.


Slack

Mengawali tahun baru, Slack membuat perubahaan logo yang sangat signifikan. Slack mengganti simbol hashtag pada logo terdahulu dengan simbol octothorpe yang menampilkan empat warna. Warna ini lebih simpel dari hashtag terdahulu yang menggunakan 11 warna. Slack juga menggunakan warna hitam yang lebih terang dan font yang lebih berani atau tebal.

 

The Knot

Meski sudah 20 tahun menjalani bisnis pernikahan, The Knot akhirnya memutuskan melakukan rebranding logo dengan warna yang lebih berenergi. Situs web ini juga menggunakan huruf kursif yang lebih kasual sehingga nilai kontemporer dan kenetralan gender lebih dominan.

 

Lord & Taylor

Lord & Taylor beralih dari logo tulisan tangan yang miring. Mereka lebih memilih perubahan yang sangat ekstrim, yaitu menggunakan kotak kuning muda sebagai frame dari nama mereka. Font yang digunakan pun jauh berbeda dari sebelumnya, mereka menggunakan font sans dan dipecah menjadi dua baris. Meski tidak ada kritik pedas, logo baru Lord & Taylor memberikan kesan yang sangat berbeda dari logo sebelumnya.

 

Baca Juga: Bedanya Branding dengan Marketing Apa?

 

Toyota

Mengikuti langkah Audi, Toyota menghilangkan efek 3D dan Chrome pada logo terbaru mereka. Toyota lebih memilih logo baru yang lebih clean dan simpel sehingga lebih leluasa pada berbagai media. Selain itu, Toyota juga memilih hitam sebagai warna font dan merah sebagai background dari simbol Toyota.

 

Scotiabank

Scotiabank melakukan rebranding logo lebih ke arah yang sederhana. Di sana, mereka meniadakan tanda globe dan S yang menyatu. Scotia  membuat logotype yang lebih tebal dan halus.

 

Sears

Sears salah satu departement store yang melakukan perubahan logotype san-serif yang tipis menjadi logo yang lebih berbobot. Sears memilih meninggalkan logotype dengan menggabungkan simbol dan logotype. Jenis font yang digunakan lebih tebal dan simbol oval menuju segilima. Hijau cerah membuat orang lebih fokus pada simbol yang digunakan pada logo terbaru. Namun, logo terbaru sears banyak dikritik desainer yang membandingkan dengan simbol milik Airbnb.

 

McKinsey & Company

McKinsey&Company merupakan perusahaan firma konsultan. Logo terbaru mereka sangatlah menarik meski dengan jenis font yang sama, McKinsey lebih melakukan perubahan pada penempatan kata dan kerning pada logotype mereka.
 

Baca Juga: Jenis Font Google yang Paling Sering Diguankan Desainer


Itulah 10 daftar perusahaan besar yang melakukan perubahan pada logo mereka. Tentu, pada setiap perubahan logo akan berdampak pada perubahaan dokumen-dokumen cetak. Salah satu perubahan yang terasa pada kebutuhan cetak kantor ada di letterhead yang sudah dicetak cukup banyak di perusahaan.


Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan memakai kertas bekas tersebut untuk dijadikan kertas coret-coretan. Namun, bila tumpukan kebutuhan cetak Kamu sudah memenuhi gudang bisa dijual kiloan kepada tempat fotocopy terdekat. Selanjutnya, Kamu bisa memenuhi kebutuhan cetak Kamu di PrintQoe.com.

 

Selain itu, PrintQoe.com mempunyai jaringan yang besar dan luas. Buat Kamu yang mempunyai cabang perusahaan yang banyak tidak perlu khawatir karena PrintQoe.com bisa membantu pendistribusian dokumen baru dalam waktu bersamaan sekaligus.


Dengan begitu, seluruh kantor cabang bisa serentak melakukan rebranding dalam waktu yang sama. Kamu tidak mau kan rebranding gagal karena masih memenuhi kebutuhan cetak menggunakan letterhead yang masih menggunakan desain yang lama?


Selain kebutuhan cetak letterhead, PrintQoe.com bisa memenuhi cetak berbagai dokumen yang lain sesuai dengan branding yang sudah perusahaan lakukan. Tentunya, dengan kualitas, harga, dan kecepatan yang sangat kompetitif.