Seberapa Jauh Kemasan dapat Meningkatkan Penjualan?

Seberapa Jauh Kemasan dapat Meningkatkan Penjualan?


Tya Widianingsih | 18 Oct 2020 | 116

Tahukah kamu, bahwa untuk meningkatkan penjualan ternyata tidak melulu dipengaruhi oleh kualitas produk maupun layanan? Keduanya memang penting, namun angka penjualan ternyata juga dipengaruhi oleh kemasan produk. Bagaimana bisa demikian? Sebab perlu diakui konsumen pada umumnya juga mempertimbangkan kemasan suatu produk sebelum memutuskan membelinya.

 

Oleh sebab itu menciptakan desain kemasan yang sebaik mungkin layak untuk dilakukan. Namun, seberapa penting sebenarnya desain dari kemasan ini? 

 

Pentingnya Kemasan untuk Meningkatkan Penjualan 

Desain kemasan dari produk yang dipasarkan memiliki andil cukup signifikan dalam proses branding. Rupanya fungsi dari kemasan produk ini cukup beragam, diantaranya adalah: 

1. Perlindungan Produk

Menggunakan kemasan tentunya akan melindungi produk dari sinar matahari, goresan, dan kecelakaan apapun sehingga dengan kemasan yang baik seorang konsumen bisa yakin produk di dalamnya aman dan layak untuk dibeli. Selain itu, di masa pandemi seperti saat ini, kemasan yang baik bisa memberikan perlindungan ekstra agar virus covid-19 tidak menembus ke dalam produk selama pengiriman.

 

Baca Juga: Buat Kemasan Produkmu Terlindungi dari COVID-19 

 

2. Membangun Kepercayaan

Membantu membangun kepercayaan konsumen khususnya untuk kalian yang berjualan secara online, sebab kemasan yang masih terjaga dengan baik ketika sampai di tangan pembeli. Sudah tentu bisa meraih kepercayaan mereka dan mau berbelanja kembali.

 

3. Meningkatkan Daya Tarik

Bayangkan saat kamu akan membeli sebuah produk dan di depanmu ada dua brand dengan kemasan yang berbeda. Pertama, hanya dibungkus plastik sederhana. Kedua, menggunakan kemasan plastik yang tebal, full color, memiliki desain yang menarik dan memiliki ziplock. Mana yang lebih menarik? Tentu yang kedua bukan.

 

Untuk itu, menggunakan produk kemasan yang baik bisa menambah daya tarik suatu produk, terutama jika menggunakan kemasan yang bagus. Apalagi jika ditambah custom paper bag atau cetak stiker label yang profesional. Dijamin dengan kemasan dan stiker yang unik nan menarik maka semakin banyak orang tertarik untuk membeli. 

 

4. Alat Promosi

Kemasan yang bagus juga ikut mempromosikan bisnismu secara langsung lho! Sebab di dalam desain kemasan produk dijamin tercantum berbagai informasi. Termasuk informasi perusahaan penyedia atau produsen, logo perusahaan, komposisi bahan (jika produk konsumsi), dan lain sebagainya. Semakin detail informasinya maka konsumen semakin yakin produk kalian adalah pilihan terbaik.


Baca Juga: Kriteria Memilih Tempat Cetak Kemasan Produk Bisnismu

 

Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Desain Kemasan 

Memahami arti penting desain kemasan suatu produk membuat kalian bisa lebih cermat dalam mempersiapkannya. Jadi, tidak asal saat memilih jasa custom paper bag dan model kemasan lain, sebelum benar-benar yakin desain kemasannya memaksimalkan branding. Membantu kalian untuk sukses meningkatkan penjualan berbekal desain kemasan yang tepat, maka bisa mencoba beberapa tips berikut: 

 

1. Ramah lingkungan 

Berkampanye dengan kemasan yang ramah lingkungan merupakan ide yang bagus. Sebab banyak orang mempertimbangkan masalah lingkungan saat membeli produk apapun. Jadi, tidak ada salahnya custom paper bag dari bahan daur ulang. 

 

2. Storytelling

Kamu pasti pernah mendengar prisnis ATM kan? Amati, Tiru, dan Modifikasi. Tidak ada salahnya belajar dari bisnis-bisnis lain yang sukses. Misalnya meniru bisnis kopi kekinian yang jamak dijumpai dewasa ini, kemasan didesain memiliki storytelling. Yakni lewat kalimat-kalimat manis, cerita, dan pesan tertentu yang ternyata bisa meningkatkan angka penjualan.

 

 
3. Memiliki Nilai Guna 

Ada lebih banyak orang yang menilai kegunaan kemasan produk yang akan dibeli untuk memutuskan apakah harus membeli atau mengabaikannya. Sebab kemasan yang bisa dipakai kembali cenderung lebih menarik dan menguntungkan si konsumen tadi.

 

4. Menyempurnakan Desain 

Desain juga perlu diperhatikan dengan seksama agar tampil menarik sekaligus mempresentasikan produk di dalamnya. Jadi, pastikan saat membuat desain custom paper bag dan kemasan jenis lain kalian sudah memastikan desainnya OK. 

 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Laba UMKM Selama Pandemi

 

5. Ergonomis 

Kemasan tidak hanya melindungi produk namun juga memudahkan konsumen membawanya pulang. Jadi, pastikan desain kemasan sudah ergonomis yakni sesuai dengan ukuran produk itu sendiri. 

 

6. Menentukan Kelas

Perlu diakui bahwa kemasan sebuah produk menentukan kelas produk itu sendiri. Misalnya saja memasarkan produk premium dengan harga tinggi, maka material kemasan juga harus mewah dan mahal. Misalnya berencana custom paper  bag untuk produk premium, pastikan ada detail mewah dan berkelas dari custom paper bag dan cetak stiker label tersebut.

 

Kemasan sebuah produk ternyata memiliki andil dalam menentukan omset penjualan. Tidak heran jika pelaku bisnis masa kini sangat teliti dan kreatif dalam mendesain kemasan tersebut. Memahami arti penting kemasan dalam mendongkrak angka penjualan, maka pastikan sudah memiliki kemasan produk yang memiliki nilai jual agar laku keras di pasaran.  Kamu juga bisa custom berbagai kebutuhan kemasan produkmu sekarang di PrintQoe.com. Kami menawarkan banyak solusi cetak yang dapat disesuaikan dengan budget yang ada.