Tips Memasang Papan Reklame Agar Aman

Tips Memasang Papan Reklame Agar Aman


Tya | 14 Jan 2020 | 360

Pada tahun 2019, di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan terjadi peristiwa yang menghebohkan dengan jatuhnya sebuah papan reklame. Kejadian ini membuat kepadatan lalu lintas yang cukup mengganggu, sehingga masyarakat harus mencari rute alternatif untuk melanjutkan perjalanan. Untungnya tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut, namun di luar betapa bahayanya kejadian tersebut, ada banyak pertanyaan dan masalah yang perlu dijawab.


Salah satu penyebab utama jatuhnya papan reklame tersebut adalah konstruksi dan pondasi yang lemah saat papan tersebut dibangun. Dengan demikian bagaimana caranya mencegah agar kejadian tersebut tidak terulang kembali? Ada beberapa saran dan tips bagaimana memasang tips papan reklame yang aman dan kuat. Pemasangan reklame sendiri sudah diregulasi dengan baik yang mengatur beberapa aspek seperti ukuran diameter tiang, jarak tiang penyanggah, material bangunan, perhitungan, dan masih banyak lagi.


Peraturan daerah menyatakan ruang bebas untuk reklame minimal 5,5 meter dan kedalaman pondasi minimal 1,5 meter. Dari konstruksi tersebut ukuran media maksimal yang diperbolehkan dipasang adalah 50 meter2 dengan bentuk vertikal dan jarak 150 meter antara titik reklame satu dengan yang lain. Material yang diperlukan untuk membangun konstruksi pondasi reklame harus terbuat dari material yang kuat seperti besi holo, besi siku, plat aluminium, dan pipa besi. Selain pertimbangan material yang kuat, pertimbangan lain adalah ketahanan dan keawetan material.

 

Baca Juga: Hasil Cetak Spanduk Berkualitas dengan Harga Murah di printQoe.com


Dengan mengikuti panduan tersebut, kejadian tersebut dapat dihindarkan. Kejadian tersebut tidak hanya membahayakan keselamatan publik, namun juga dapat merugikan perusahaan atau konsumen yang ingin memasang iklan di ruang iklan tersebut. Berbagai kerugian bisa dialami perusahaan dimulai dari kerugian materi, keuangan, waktu, bahkan tuntutan hukum.

 

Salah satu alternatif dari penggunaan papan reklame adalah dengan menggunakan spanduk yang mudah dipasang dan minim konstruksi. Spanduk lebih mudah dipasang karena umumnya hanya membutuhkan seutas tali yang diikat ke sebuah tiang atau kait. Biaya cetak spanduk juga lebih murah dibandingkan mencetak papan reklame. Melihat keunggulan tersebut pasti Kamu langsung mempertimbangkan cetak spanduk untuk kebutuhan pemasaran, tapi tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan juga dalam proses cetak spanduk agar hasil yang Kamu dapat maksimal.

 

1. Desain Spanduk

Media yang besar harus dimanfaatkan sedemikian mungkin agar semakin banyak menarik perhatian siapapun yang melintas. Gunakan desain yang menarik dan sebagus mungkin agar pelintas tertarik melihat spanduk tersebut. Sebaliknya jika desain visual membosankan, maka tidak akan ada yang melihat spanduk tersebut dan hanya menjadi pemenuh lingkungan masyarakat.

 

2. Pastikan Resolusi Mencukupi Ukuran Cetak Spanduk

Resolusi berbeda dengan ukuran cetak spanduk, resolusi mewakili jumlah pixel atau titik warna yang membentuk sebuah gambar. Gambar berukuran kecil memiliki jumlah pixel yang lebih sedikit dibanding gambar yang berukuran besar. Pastikan pengaturan desain spanduk memiliki resolusi yang mencukupi ukuran cetak spanduk sehingga gambar yang tercetak tidak mengalami pikselasi.

 

Baca Juga: Cara Milenial Hasil Cetak Spandukmu Berfungsi Maksimal


3. Gunakan Informasi Ringkas dan Padat

Hindari penggunaan kalimat atau kata-kata yang terlalu banyak. Selain keterbatasan bidang cetak spanduk, kalimat yang terlalu banyak sangat tidak sesuai dengan penempatan spanduk yang biasa dipasang di pinggir jalan. Dan pelintas yang membaca tidak akan menyempatkan waktu diam di tempat untuk membaca informasi panjang yang tertera di spanduk.


Demikian tiga tips mudah dan sederhana yang bisa Kamu ikuti untuk proses cetak spanduk yang efektif dan efisien. Pemasangan iklan menggunakan papan reklame memang menggiurkan dan strategis, namun penggunaan cetak spanduk yang tepat akan membawa dampak dan efek yang tidak kalah baiknya. Bagi Kamu yang membutuhkan jasa percetakan online mudah, terpercaya, dan terpadu, PrintQoe.com bisa menjadi solusi tepat, mudah, dan berkualitas.