Wajib Tahu!! 5 Tips & Trik Mencetak Portofolio Desain

Wajib Tahu!! 5 Tips & Trik Mencetak Portofolio Desain


Tya Widianingsih | 26 Nov 2020 | 299

Sumber Foto : weandthecolor


 

Portofolio desain bagi seorang desainer grafis bisa dikatakan sebagai senjata utama. Sebab dengan tampilan portofolio yang terkesan berkualitas akan mampu menunjukan bakat atau keahlian di bidang desainer. Hal itu juga memudahkan proses menggaet kepercayaan klien, sehingga bisa mendapatkan proyek dari klien tersebut dan disusul klien-klien yang lainnya.

 

Portofolio ternyata tidak hanya menampilkan hasil kerja apa saja yang pernah dihasilkan, untuk bias memikat calon klien. Namun juga perlu penataan yang sedemikian rupa agar tampilan lebih menarik dan meyakinkan. Dianjurkan pula untuk mendesain tampilannya secara maksimal kemudian dicetak di jasa digital printing terbaik. 

 

Tips Mencetak Portofolio Desain 

Digital printing merupakan tempat terbaik untuk mencetak portofolio desainer grafis, sebab hasil cetakannya memang tajam dan lebih sempurna. Namun tidak ada salahnya mencetak sendiri dulu diluar percetakan digital supaya lebih hemat. Supaya semakin maksimal simak dan terapkan beberapa tips di bawah ini: 

 

1. Memilih Jenis Kertas Berkualitas 

Supaya portofolio desain grafis yang kalian buat tampil maksimal saat dicetak maka perlu memilih jenis kertas yang tepat. Bagaimana caranya? Tentunya dengan memilih jenis kertas yang sesuai untuk sebuah portofolio. Berhubung portofolio ini berisi berbagai karya desain yang sudah dibuat. Maka, sangat tepat memakai kertas glossy. 

 

Jenis kertas yang permukaannya mengkilap dan juga cukup tebal, misalnya canvas paper atau mungkin glossy photo paper. Hasilnya akan lebih bagus dibanding memakai kertas dengan tampilan doff seperti HVS atau mungkin ivory. 

 

Baca Juga : 7 Cara Membuat Portofolio Bisnis Menarik

 

2. Menentukan Ukuran Cetak yang Sesuai 

Memaksimalkan kualitas cetak seperti hasil cetak di sebuah digital printing dengan mengatur ukuran cetak secara saksama. Semakin tepat dalam menentukan ukuran cetak dalam satuan dpi, maka hasil cetakannya akan semakin tajam dan menarik. Portofolio yang bagus dianjurkan memakai ukuran cetak di angka 300 dpi agar tajam dan enak dilihat. 

 

3. Gunakan Tinta Terbaik 

Jenis tinta cukup beragam dan tidak semuanya bisa menghasilkan cetakan yang bagus dan juga belum tentu cocok untuk mencetak foto. Oleh sebab itu menentukan jenis tinta yang akan digunakan juga perlu teliti. Mencetak foto seperti portofolio desain grafis akan lebih maksimal jika memakai tinta khusus untuk foto. Silakan berkonsultasi dengan penyedia tinta foto agar tidak salah pilih. 

 

4. Memastikan Pengaturan Printer Sudah Pas 

Setelah mempersiapkan segala pengaturan dan kebutuhan untuk mencetak portofolio desain. Maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan printer yang akan dipakai mencetak. Pastikan printer dalam kondisi prima agar tidak macet sekaligus memaksimalkan hasil cetaknya. 

 

Selanjutnya adalah memastikan pengaturan printer ini sudah sesuai mulai dari ukuran kertas, jenis kertas, warna, dan jumlah halaman yang akan dicetak. Pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan agar proses cetak lancar dan hasilnya pun sesuai dengan harapan. 

 

5. Pastikan Memakai Printer yang Bagus 

Sebenarnya pemilihan printer juga bisa mempengaruhi kualitas cetak dari portofolio desain grafis yang dimiliki. Apalagi tidak semua printer cocok untuk mencetak foto, inilah alasan di sebuah jasa digital printing tersedia banyak mesin printer dengan jenis berlainan. Sebab memakai printer yang dibuat khusus untuk mencetak foto tentu hasilnya lebih memuaskan. 

 

Mencetak portofolio sendiri memang akan sedikit merepotkan, dan ada kemungkinan melakukan kesalahan. Rasanya portofolio menjadi kurang menarik padahal hasil karya di dalamnya bisa dikatakan luar biasa. Oleh sebab itu akan sangat tepat jika mencetaknya di jasa digital printing yang sudah dikenal terpercaya. 

 

Baca Juga : Membuat Portofolio Grafik Desain yang Mengesankan

 

Jasa percetakan digital online menggunakan printer dan tinta khusus yang membuat hasil cetakannya lebih tajam dibanding jasa cetak konvensional. PrintQoe.com bisa dipilih untuk mencetak portofolio desain grafis agar tampil memukau. Ngeprint custom #DariManaAja, ya di PrintQoe.com!