WFH Diperpanjang, Waspadai Zoom Fatigue & IkutiTipsnya !

WFH Diperpanjang, Waspadai Zoom Fatigue & IkutiTipsnya !


Tya Widianingsih | 27 Aug 2021 | 292

Pada masa pandemi saat ini, banyak sekali pekerja yang melakukan pekerjaanya di rumah, namun masih bisa terhubung dengan rekan kerja melalui video conference Zoom. Namun, hal ini menimbulkan dampak buruk yang disebut dengan zoom fatigue. Kondisi ini tentunya menjadi kendala untuk setiap perusahaan. 

Untuk mencegah hal ini perlu adanya pemberiyan hadiah atau employee gift sebagai bentuk caring dan support untuk karyawan. Apa sih sebenarnya Zoom Fatigue? Berikut ini penuturannya.


Mengenal Apa Itu Zoom Fatigue

Kelebihan yang disebabkan oleh tingginya intensitas panggilan pertemuan daring atau virtual meeting melalui aplikasi video conference selama masa WFH disebut dengan zoom fatigue. 

Aktivitas ini membutuhkan fokus dan energi yang lebih besar dibandingkan pertemuan secara langsung dengan menggunakan Virtual Professor of Organisational Behaviour Gianpiero Petriglieri.n. Otak harus bekerja lebih keras untuk memproses isyarat non verbal misalnya dari ekspresi wajah, nada suara, dan bahasa tubuh pada saat pertemuan virtual. Hal inilah yang akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Sebenarnya tidak itu saja yang menjadi penyebab adanya zoom fatigue ini. Penyebab lainnya yaitu akan memperlambat sirkulasi darah yang diakibatkan terlalu lama duduk didepan laptop, adanya kelelahan saraf mata, dan dehidrasi.

 

Baca Juga: 7 Inspirasi Menghias Kamar Kos Biar WFH Ga Bosen

 

Tips Mengatasi Zoom Fatigue Secara dengan Benar

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya zoom fatigue, yakni kelemahan ketika menggunakan zoom. Namun, kamu bisa menanggulanginya melalui employee gift yang diberikan kepada teman kamu atau dengan beberapa tips dibawah ini :

 

1. Selalu Merencanakan Pekerjaan

Anda harus memiliki persiapan yang lebih baik, sebelum melakukan pekerjaan. Hal ini dilakukan agar membuat kamu lebih fokus dan tidak memikirkan pekerja lainnya, ketika melakukan zoom meeting. Selain itu, kamu bisa mengerjakan pekerjaan dengan melihat skala prioritas berdasarkan tingkat kepentingannya, untuk itu dibutuhkan sekali time management yang baik.

 

2. Memperhatikan Kondisi Lingkungan

Posisi dalam bekerja juga bisa mempengaruhi konsentrasi dan menjadi penyebab kamu mengalami kelelahan. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyeimbangkan kondisi lingkungan tempat kamu bekerja. Misalnya saja, dalam melakukan pekerjaan posisi tubuh kamu tidak siap, hal inilah yang membuat fisik menjadi lebih lelah.

 

3. Prioritaskan pekerjaan

Secara tidak sengaja pasti kamu sering mendapatkan email ataupun whatsapp secara otomatis. Walaupun isinya tidak penting pastinya langsung membuka pesan tersebut. 

Hal inilah, yang akan membuat konsentrasi kamu menjadi lebih menurun. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan evaluasi penting dalam merespon hal tersebut dengan menggunakan pendekatan time management. Hal inilah yang membuat kamu lebih disiplin dalam mengikuti semua jadwal, dengan membuat skala prioritas pekerjaan yang sudah dilakukan.

 

4. Pekerjaan dan Istirahat Harus Seimbang

Suatu keadaan dimana seseorang yang bisa mengatur dan membagi antara tanggung jawab pekerjaan dan kehidupan disebut dengan Work-Life Balance. Setiap orang pastinya mempunyai cita-cita dengan menerapkan konsep untuk menyeimbangkan pekerjaan dan istirahat. Hal ini dilakukan, demi memperoleh hasil yang maksimal, agar kamu bisa meningkatkan kebutuhan tanpa harus memaksa seseorang tetap bekerja keras. 

 

Baca Juga: 6 Solusi WFH Produktif Tanpa Konflik dengan Keluarga

 

Hal ini dilakukan agar kamu tidak terjebak dalam konflik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ketika bekerja agar terus bersemangat dan tidak mudah lelah, tentu perlu vitamin dan minum air yang cukup. Untuk terus mensupport Pegawaimu perlu diberikan employee gift sebagai bentuk kepedulian. Hadiah untuk karyawan ini bisa berbentu Tumbler, masker, handsanitizer dan alat kesehatan lainnya untuk mengatasi kelelahan dan terus menjaga kesehatan.  


Jika ingin memberika employee gift berupa alat kesehatan pendukung dalam bekerja, bisa melakukan pemesanan di PrintQoe. Karena di PrintQoe bisa melakukan Custom Tumbler Satuan, Custom masker, dll.